Minggu, 25 November 2012

manfaat kacang panjang



Manfaat Dari Kacang Panjang
Salam,,,
Saya pikir saudara-saudara semua sudah sangat mengenal tumbuhan yang satu ini,umumnya di indonesia tumbuhuan ini disebut kacang panjang.karena bentuknyanya yg panjang,saya sering menyebut tumbuhan ini dengan sebutan si ganjang,( bahasa batak ) yang artinya panjang.
Kacang panjang sering kita jumpai disekitar kita,kacang panjang tumbuh seperti tumbuhan lainnya hanya tanaman ini membutuhkan bantuan seperti pohon lain atau kayu sebagai alat untuk menjalar,karena tanaman ini sifatnya harus tumbuh menjalar keatas,agar menghasilkan buah yang baik.selama ini mungkin kita mengenal kacang panjang hanya sebagai sayuran biasa  atau sebagai lalapan disaat kita sedang makan dan kita tidak terlalu banyak tau tentang kandungan dan manfaat buah yang satu ini.
Tenyata,kacang panjang memiliki kandungan yang sangat penting bagi tubuh kita,tetapi sebelum kita mengetahui apa kegunaannya bagi tubuh,akan lebih baik jika kita mengerti dan tau apa saja yang terkandung pada kacang panjang ini..
Kandungan yang terdapat pada kacang panjang antara lain protein,vitamin A,vitamin B kompleks,mineral seperti : magnesium,mangan,fosfor,besi,tembaga,kalium,zinc,kalsium,selenium dan serat.
Adapun manfaat dari kacang panjang adalah sayuran ini dapat mengendalikan kadar gula darah,hipertensi,memperkecil resiko stroke dan serangan jantung,meningkatkan fungsi organ pencernaan,menurunkan resiko kanker,sembelit,rematik,artrhitis dan gangguan saluran kemih,dll.

Sementara yang takut kanker payudara dan leukimia, ia ternyata menyimpan zat antikanker. Selain itu, ia juga antioksidan, antivirus, antibakteri, gangguan saluran kencing, dan meningkatkan fungsi limpa. Tentunya yang lebih penting lagi, dapat meningkatkan fungsi sel darah merah, menyembuhkan beri-beri, demam berdarah, mengatasi sakit pinggang, dan kurang darah.
Menurut penelitian lainnya, kacang panjang juga oke untuk menghancurkan batu ginjal. Selain itu, juga bisa mencegah kelainan `antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan sukar buang air besar.
Bagi para kaum wanita ingin payudaranya besar dan indah,kacang panjang juga dapat memperbesar payudara wanita hanya dengan cara menumbuk biji dari kacang panjang sampai halus dan mengeluarkan sarinya,setelah itu usapkan pada payudara dan lakukan pemijatan disekitar payudara,lakuka secara teratur dan llihat hasilnya dalam 3minggu,payudara anda akan kencang,besar,montok dan halus.
Tetapi diluar daripada itu,kita harus cerdik dan bijak dalam memilih kacang panjang yang akan kita konsumsi,kita harus memilih kacang panjang yang muda,berwarna hijau muda dan sebelum mengkonsumsinya kita harus memastikan kacang panjang tersebut bersih dan terhindar dari kontaminasi pestisida,karena biasanya dalam perawatan pertumbuhannya sering digunakan pestisida untuk membasmi hama yang terdapat di daun dan buah kacang panjang tetrsebut.
Nahhhh,setelah kita membaca dan mengetahui kegunaan kacang panjang ini,akan sangat baik jika kita mencoba memasukkan kacang panjang ini kedalam menu makanan kita sehari-hari agar kita dapat mengkonsumsinya setiap hari,karena itu akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.
Tetapi,diluar daripada itu sebaiknya konsumsilah kacang panjang sesuai dengan kebutuhan,karena segala sesuatu yang kita konsumsi secara berlebihan akan menimbulkan masalah atau penyakit pada tubuh kita,jadi jadilah pengkonsumsi yang bijak.seperti ada pepatah mengatakan,berhentilah makan sebelum engkau kenyang...terimakasih  ( hendri yusuf siregar )

Sumber :
http://duniafitnes.com/nutrition/kacang-panjang-si-hijau-panjang-yang-kaya-nutrisi.html
http://khasiatbuah.com/kacang-panjang.htm
http://askep-kesehatan.blogspot.com/2008/05/khasiat-kacang-panjang.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar