Jumat, 18 Oktober 2013

Efek Mandi di Malam Hari



MANDI adalah salah satu upaya membersihkan badan. Mandi biasanya dilakukan sehari 2 kali, yakni pagi setelah bangun tidur dan sore hari sepulang dari aktivitas seharian. Mandi jarang dilakukan pada malam hari, kecuali bagi mereka yang pada sore hari tidak sempat mandi karena ada pekerjaan sampai agak malam. Lalu apakah mandi malam berefek buruk bagi kesehatan ?
Pernahkah kita menghitug,berapa kali kita mandi malam dalam seminggu ? untuk beberapa orang pekerja,biasanaya mandi malam sudah menjadi rutinitas yang harus dikerjakan walau kita tahu itu sangat berbahaya bagi kesehatan kita.
Saat ini saya akan coba jelaskan beberapa efek dari mandi malam,kita akan lihat apakah ada keuntungan dari mandi malam atau hanya akan menghadirkan bahaya pada tubuh kita.
Beberapa contoh penyakit yang dapat terjadi karena aktivitas mandi malam :

1.paru-paru basah
Paru-paru basah merupakan istilah di masyarakat yang sering digunakan dokter/petugas medis untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan paru-paru. Proses yang sebenarnya terjadi adalah proses peradangan. Kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.
Beberapa kasus paru paru basah terjadi oleh karena menghirup tetesan kecil yang mengandung organisme yang dapat menyebabkan pneumonia. Tetesan ini masuk ke udara ketika seseorang terinfeksi dengan kuman melalui batuk atau bersin. Dalam kasus lain, disebabkan ketika bakteri atau virus yang biasanya hadir di mulut, tenggorokan, atau hidung tanpa sengaja memasuki paru. Biasanya, respon refleks tubuh dan sistem kekebalan tubuh mereka akan mencegah organisme disedot dari organisme penyebab paru-paru basah.
Coba pikir ketika kita mandi malam,apakah anda pernah terbayang bahwa aka nada organism kecil yang masuk ketubuh kita yang dapat menyebabkan penyakit ini.
2. Asam Urat
Mandi Malam sangat berakibat serangan asam urat pada tubuh kita, karena faktor malam yang membuat air terasa lebih dingin dari sore hari dan air ingin tersebut akan membuat nyeri sendi.

Asam urat adalah senyawa buangan dari hasil penguraian basa purin dalam sistem metabolisme tubuh. Pada keadaan normal, asam urat dikeluarkan dari tubuh melalui proses penyaringan (filtrasi) darah oleh ginjal kemudian diekresi ke dalam urin. Apabila tubuh memproduksi asam urat dalam jumlah berlebih, proses filtrasi dalam ginjal menjadi tidak sempurna sehingga asam urat banyak tersisa dalam darah dan kadarnya akan semakin meningkat. Bila kadar asam urat darah > 7 mg /dl pada laki-laki atau > 8 mg/dl pada wanita maka keadaan ini disebut hyperuricemia atau gout arthritis atau asam urat tinggi.

Penyebab asam urat tinggi adalah konsumsi makanan kaya purin seperti hati, ginjal, kacang - kacangan, ikan teri, ikan sarden, alkohol. Selain itu juga dipengaruhi jenis kelamin, umur, kadar kreatinin darah, tekanan darah serta variabel-variabel fisiologis lain misalnya berat badan atau obesitas.
3. Nyeri Rematik
Buat temen-temen yang punya penyakit rematik di anjurkan jangan melakukan mandi di malam hari, karena apabila hal ini di lakukan penyakit rematik ente akan tambah nyeri dan parah.
Penyebab Penyakit Rematik :
salah satunya adalah masalah kekebalan tubuh yang berbalik menyerang jaringan persendian. Hal ini mengakibatkan tulang rawan di sekitar sendi menipis dan membentuk tulang baru. Pada saat tubuh digerakkan, tulang-tulang di persendian bersinggungan sehingga memicu rasa nyeri.

Rematik, hakikatnya manifestasi dari penyakit mental seperti depresi, stres, dan sebagainya. Dalam kondisi mental terganggu, otot tubuh mengalami gangguan dan ketegangan. Bila berlangsung secara terus menerus akan berakibat terbentuknya serat-serat jaringan di antara serat-serat otot. Darah yang alirannya kurang lancarpun dapat memicu terjadinya rematik, karena fungsi sebagian darah yang mengangkut sisa-sisa makanan dan kotoran tubuh menjadi berdesak-desakan sehingga menjadi kekurangan oksigen. Zat-zat polutan yang tersebar melalui udara juga dapat mengakibatkan rematik.
4. Penuaan Dini
Ini nih yang banyak orang tidak tau. Seseorang yang lebih sering beraktifitas, banyak kerjaan dan sibuk biasanya terlalu banyak pikiran yang menumpuk di otak dan apabila anda mandi malam saat banyak pikiran dapat menjadikan anda stress, karena orang yang masih banyak pikiran mandi malam dengan air yang terasa dingin membuat temperatur tubuh tidak normal.

Faktor Penyebab Penuaan Dini
Jika Anda tidak ingin mengalami penuaan dini, Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi penyebabnya. Pada umumnya, penuaan dini disebabkan oleh adanya dua faktor yakni faktor internal seperti keturunan, kejiwaan, kesehatan, dan daya tahan.

Untuk faktor internal ini tentunya tidak bisa dihindari karena merupakan proses alamiah pada manusia. Hal tersebut bisa juga dipicu oleh adanya perubahan hormonal dan tingkat stres yang dialami seseorang
Mandi di malam hari dengan Air hangat sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, ketegangan otot menghilang, dan menyegarkan tubuh. Jadi apabila anda terpaksa mandi malam sebaiknya gunakan air yang masih hangat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar